Tips Membeli Furnitur Setelah Merenovasi Rumah


InformasiMoe - Setelah Anda selesai melakukan renovasi rumah, kini saatnya untuk memenuhi ruangan dengan beberapa furnitur. Furnitur pada rumah tidak hanya sekedar meja, kursi, lemari dan sebagainya. Lebih dari itu, rumah memerlukan beberapa perabotan rumah tangga untuk melengkapi suatu ruangan. Adapun barang-barang lainnya yang dibutuhkan adalah barang-barang elektronik seperti televisi, mesin cuci, dan kulkas. 

Membeli furnitur baru maupun bekas sesuai dengan kebutuhan, bisa membuat Anda merogoh kantong yang dalam. Apalagi setelah proses renovasi rumah, tentu Anda perlu mengeluarkan biaya extra. Terbayangkan  bagaimana Anda harus membeli perabotan tersebut secara bersamaan? Tentunya budget yang dibutuhkan terbilang besar. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak pengajuan kredit furnitur rumah sehingga Anda bisa menyicilnya setiap bulan.

Selain membeli secara kredit, Anda juga harus pintar memilih perabotan rumah untuk menekan budget yang dikeluarkan. Oleh karena itu, berikut ini tips menghemat budget saat membeli perabotan. 

Pilih perabotan yang hemat energi
Jika Anda ingin menghemat budget untuk jangka panjang, pilihlah perabotan yang hemat energi. Pasalnya perabotan hemat energi bisa menekan biaya operasional per harinya sehingga biaya yang dikeluarkan setiap bulan bisa berkurang. Beberapa perabotan yang memiliki fitur hemat energi pada umumnya barang-barang elekttronik seperti kulkas, AC, dan mesin cuci. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang ditawarkan oleh produk elektronik tersebut. 

Beli sesuai dengan fungsi
Salah satu trik paling mudah untuk menghemat budget saat membeli perabotan adalah lihat fungsinya, bukan desainnya. Pasalnya beberapa perabotan yang memiliki desain bagus memiliki harga yang lebih mahal. Selain fungsi, perhatikan juga fitur yang ada pada produk tersebut. Seperti pada mesin cuci memiliki fitur time wash dan fitur lainnya. Memang memudahkan, hanya saja fitur yang sebenarnya tak Anda gunakan demi gaya hidup tentunya bisa menambah budget yang harus dikeluarkan. Jadi, pastikan memilih perabotan sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan. Dengan begitu Anda bisa menghemat budget pengeluaran Anda. 

Hindari memilih perabotan dengan biaya perawatan tinggi
Barang-barang elektronik seperti kulkas, AC, microwave, mesin cuci dan barang elektronik lainnya tentu membutuhkan biaya operasional yang cukup menguras kantong. Untuk itu Anda harus memikirkan cara perawatannya karena akan mempengaruhi pengeluaran dikemudian hari. Pilihlah perabotan elektronik dengan filter yang mudah dicuci sehingga tidak perlu membawanya ke tempat servis ketika kotor. Ketika Anda berada di toko perabotan, pastikan untuk mengecek label dan sertifikasi produk elektronik yang akan Anda beli apakah terdapat fitur filter mudah dicuci dan hemat energi atau tidak.

Pilih toko yang bebas biaya kirim
Beberapa toko perabotan akan membebankan biaya pengiriman kepada pembelinya. Tentunya biaya pengiriman cukup menambah budget yang tersedia mengingat perabotan rumah tangga memiliki dimensi yang besar. Oleh sebab itu, pilihlah toko furnitur yang sebaiknya bebas biaya kirim. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran biaya yang tidak diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja di toko furnitur yang tidak mengedepankan merk melainkan kualitas. Tentunya toko furnitur sepertii IKEA, akan membuat Anda mengeluarkan biaya dua kali lipat dibandingkan toko furnitur lokal. 

Pilih perabotan dengan ukuran yang pas dengan kebutuhan
Hindari membeli perabotan dengan ukuran besar yang berlebihan karena akan memakan tempat di dalam ruangan rumah Anda.Terlebih lagi jika perabotan tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan. Mungkin saja Anda ingin sekali membeli kulkas dua pintu yang berukuran besar padahal Anda hanya memiliki sebuah keluarga kecil. Jika Anda tetap meneruskan niat tersebut, pengeluaran Anda akan semakin membengkak karena konsumsi listrik kulkas 2 pintu tersebut sangat tinggi padahal setengah tempat dalam kulkasnya Anda biarkan kosong dan akhirnya Anda akan boros energi. Sebaiknya pilih furnitur yang memang sesuai dengan budget. Tidak udah memaksakan jika tidak sanggup untuk membelinya. 

Demikianlah tips menghemat budget dalam membeli furnitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda setelah selesai melakukan renovasi rumah. Sebaiknya memilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan terlalu memaksakan.


EmoticonEmoticon