Beberapa Gunung Yang Direkomendasikan Untuk Pendaki Pemula

InformasiMoe - Sobat travelers, alam selalu menawarkan berjuta keindahan bagi kita semua. Keindahan tersebut tiada hentinya membuat kita terpukau dibuatnya. Emm bagi saya, diantara ciptaan Tuhan berupa alam yang luar biasa indahnya ini, gunung menjadi destinasi alam favorit.

Mungkin beberapa pendaki gunung akan setuju dengan pendapat saya bahwa “pendakian gunung bukan perjalanan fisik, melainkan perjalanan hati”. Banyak orang yang kuat fisik belum tentu bisa sampai di puncaknya. Sebaliknya, tekad yang kuat akan membuat kita sampai di puncak, meskipun kondisi fisik tidaklah kuat.


Meskipun demikian, fisik tetaplah perlu ya sobat. Jadi jangan nekat mendaki gunung tanpa memperhatikan kondisi fisik. Seimbangnya tekad dan fisik akan membuat perjalanan semakin nyaman dan aman.

Nah bagi kalian yang belum pernah mendaki gunung sama sekali, alangkah baiknya kalian perlu sedikit latihan atau pemanasan. Pemasan tersebut bisa sobat lakukan dengan cara mendaki gunung yang memiliki ketinggihan dan medan yang sedang. Selain pemanasan, hal ini bisa berguna untuk mengukur sejauh mana feel sobat pada pendakian. Karena tak sedikit orang yang kapok setelah pendakian karena mungkin bukan feel-nya di situ.

Nah, berikut daftar gunung yang direkomendasikan untuk sobat travelers yang belum pernah mendaki sama sekali:

Gunung Penanggungan
 
Gunung Penanggungan terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Ada beberapa gerbang pendakian, namun saya sarankan untuk mengambil gerbang pendakian di Desa Tamiajeng Kecamatan Trawas. Pertimbangan ini diambil berdasarkan akses menuju gerbang pendakian yang mudah, dan rute pendakian yang lumayan ringan.

Gunung penanggungan sering disebut juga miniatur Gunung Semeru dengan bentuk khas kerucut. Ketinggian gunung ini terhitung sedang yakni 1653 Mpdl. Meski demikian, pemandangan di sana sangat menakjubkan. Karena pemandangannya yang begitu menakjubkan, saya dua kali telah berada di puncaknya.

Rute pendakian Gunung Penanggungan terbilang terjal dan berbatu. Untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan waktu kurang lebih 4 – 6 jam, tergantung kondisi fisik dan durasi istirahat. Satu hal penting, jika sobat belum pernah mendaki si anak semeru ini, pastikan persediaan air cukup hingga pulang, karena selama perjalanan sobat tidak akan menemukan sumber air sama sekali.

Gunung Panderman

 
Gunung Panderman terletak di Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. Gunung ini memiliki ketinggian 2.045 Mdpl. Dengan ketinggian ini, puncak gunung Panderman sejajar dengan awal. Kadang awan di bawah puncaknya sehingga sobat bisa menimkati samudra di atas awan.

Gunung Panderman memiliki rute pendakian yang lebih mudah daripada gunung Penanggungan. Untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan waktu sekitar 3 – jam, lagi-lagi tergantung kondisi fisik dan kecepatan ya sobat hehehe

Pada area puncak gunung ini masih banyak pepohonan tinggi. Hal ini membuat pendaki agak terhalangi menikmati alam di atasnya. Emmm satu hal lagi yang perlu diwaspadai. Di puncak Panderman, banyak monyet liar berkeliaran, jadi pastikan barang-barang sobat sekalian aman. Emm dan jangan usil berlebihan kepada para monyet agar tidak diserang.

Satu lagi ya sobat, sebelum dimulai pendakian jangan lupa berdoa. Hal yang perlu diingat, tujuan mendaki bukan ada di puncaknya, akan tetapi pulang dengan selamat. Selamat mendaki!!


EmoticonEmoticon