Aktivitas Tidak Biasa Guru MTs Muhammadiyah 1 Malang Menyambut Ramadhan

Informasi-Moe - Mengawali bulan Ramadhan biasanya sekolah memberikan kesempatan kepada guru dan siswanya untuk mengisi hari di rumah. Namun berbeda dengan guru MTs Muhammadiyah 1 Malang yang justru memilih untuk mengadakan pelatihan kepenulisan karya tulis ilmiah.

Pelatihan ini bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang. Adapun yang menjadi pemateri ialah Dr. Sugiarti, M.Si, Purwati Anggraini, S.S, M.Hum, dan Mussafak, M.Pd. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru pada bidangnya masing-masing.

“Kita sebagai seorang pendidik harus senantiasa meningkatkan profesionalitas dan ketrampilan yang kita miliki. Salah satunya melalui pelatihan seperti ini. Apalagi di bulan Ramadhan, kita maksimalkan untuk bertolabul ‘ilmi (menuntut ilmu).” Ungkap Dr. Sugiarti, M.Si.
Dalam acara yang berlangsung pada tanggal 26 – 29 Mei ini, para guru disuguhkan materi seputar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penulisan jurnal ilmiah. Target utamanya, setelah mengikuti pelatihan ini, para guru diharapkan memiliki karya tulis ilmiah yang diterbitkan di jurnal. 


Sebagai upaya mewujudkan target tersebut, pelatihan ini tidak hanya sekedar teori dari paparan pemateri. Sebagai pematangan, para guru langsung praktik menulis topik tertentu. Dilanjutkan dengan presentasi hasil tulisan, dan pendampingan oleh pemateri.

Walaupun arahan materi sudah selesai, pendampingan tetap berlangsung secara online hingga acara penutup pada tanggal 14 Juli. Pada acara penutupan, peserta pelatihan sudah harus memiliki produk karya tulis. Hal mana produk itu nantinya akan dikirim kepada instansi atau lembaga yang menerbitkan jurnal pendidikan.


EmoticonEmoticon